Gitar Elektrik


Perkembangan


Gitar (guitar) menurut kamus besar bahasa indonesia adalah alat musik dengan bahan dari kayu seperti biola, berleher panjang, berdawai enam atau lebih, dimainkan dengan memetik dawai itu dengan jari.  Selanjutnya gitar dikelompokan dalam melodi gitar yeng lebih dikenal dengan gitar listrik (elektik gitar) yaitu gitar yang dipetik dengan penguatan tenaga listrik dan akustik gitar yaitu gitar yang penguatnya tidak memerlukan  tenaga listrik.


Gitar listrik mempunyai tubih gitar yang berasal dari kayu padat dan hampa, atau semi kosong dapat menghasilkan suara kecil tanpapenguat suara (amplifikasi). Gitar listrik dilengkapi dengan Elektromagnetik pickup yang berfungsi untuk  mengubah getaran senar baja menjadi sinyal yang selanjutnya sinyal diumpankan melalui kabel atau pemancar  ke sebuah penguat suara .
Ada dua jenis utama pickup, single dan double kumparan (atau humbucker), masing-masing yang dapat pasif atau aktif. Gitar listrik digunakan secara luas dalam jazz, blues, dan rock and roll. Magnetik pertama yang berhasil pickup untuk gitar ditemukan oleh George Beauchamp, dan dimasukkan ke dalam tahun 1931 Ro-Pat-In kemudian Rickenbacker.
Setelah Perang Dunia II, terjadi perubahan pada gitar elektrik benar-benar padat pada  tubuh gitar.  Pengembangan gitar  mulai dipelopori dan di populerkan oleh Gibson Les Paul, dan mandiri oleh Leo Fender . Perubahan terjadi pada fretbord dengan pengaturan ketinggian senar dari fingger fretboard serta bentuk stang (neck) guitar lebih ramping yang jarang digunakan pada gitar akustik.
Perubahan dan penerapan tehnologi instrument guitar semakin luas yaitu dengan penggunaan Legato melalui menu pull off ,hammer-ons yang dikenal sebagai slurs, pinch harmonic, dan penggunaan lengan atau efek tremolo pedal. Selain pengembangan pengubahan suara oleh perangkat elektronik (effek atau distorsi).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengantar Tutorial

1. Guitar