1. Guitar



(Sumber Gambar:Pinterest; https://id.pinterest.com/)

Kata ‘gitar’ atau guitar dalam bahasa Inggris,  pada awalnya diambil dari nama alat musik petik kuno di wilayah Persia kira-kira pada Tahun 1500 SM. Alat tersebut dikenal sebagai citar atau sehtar. Selanjutnya alat musik ini  berkembang menjadi berbagai model gitar kuno  dikenal dengan istilah umum 'tanbur'.

Pada tahun 300 SM 'Tanbur Persia' dikembangkan oleh bangsa Yunani,  selanjutnya Enam Abad kemudian dikembangkan oleh bangsa Romawi. Pada tahun 476 M alat musik ini dibawa oleh bangsa Romawi ke Spanyol dan bertransformasi menjadi: (1) Guitarra Morisca yang berfungsi sebagai  melodi, dan (2) Guitarra Latina untuk
tiga abad kemudian bangsa Arab membawa semacam 'gitar gambus' dengan sebutan 'al ud' ke Spanyol (Summerfield, 1982:12). Berdasarkan konstruksi 'al ud' Arab dan  model gitar dari Romawi,  bangsa Spanyol kemudian membuat alat musiknya sendiri yang disebut vihuela. Di Spanyol, Vihuela akhirnya  lebih populer dibandingkan alat musik pendahulunya, sementara alat-alat musik pendahulunya sedikit demi sedikit ditinggalkan.
Read More


Selain itu, 'al ud' juga dibawa ke negara-negara Eropa Barat dan menyaingi popularitas vihuela di Spanyol.  'Al ud' disambut dengan baik Di Eropa, diperkirakan sampai akhir abad 17  'Al ud'  berkembang menjadi berbagai model lute Eropa. Sementara itu vihuela terus berkembang  menjadi berbagai macam gitar selama berabad-abad hingga akhirnya menjadi gitar klasik yang digunakan pada saat ini. (Anonymous dalam Wikipedia ensiklopedia bebas)
Gitar menurut 'kamus besar Bahasa Indonesia' adalah alat musik dengan bahan dari kayu seperti biola, berleher panjang, berdawai enam atau lebih, dimainkan dengan memetik dawai itu dengan jari.   Sedangkan menurut Anonymous dalam  Wikipedia ensiklopedia bebas, Gitar adalah sebuah alat musik berdawai yang dimainkan dengan cara dipetik menggunakan jari maupun plektrum.
Gitar terbentuk atas  bagian tubuh pokok dan bagian leher yang padat sebagai tempat senar yang umumnya berjumlah enam didempetkan. Gitar secara tradisional dibentuk dari berbagai jenis kayu dengan senar yang terbuat dari nilon maupun baja. Beberapa gitar modern dibuat dari material polikarbonat.

Selanjutnya gitar dikelompokan dalam  gitar melodi yang lebih dikenal dengan gitar listrik dan gitar akustik.  Gitar listrik adalah gitar yang dipetik dengan penguatan tenaga listrik dan akustik gitar adalah gitar yang penguatnya tidak memerlukan  tenaga listrik.  Gitar listrik mempunyai tubuh gitar yang berasal dari kayu padat dan hampa, atau semi kosong dapat menghasilkan suara kecil tanpa penguat suara (amplifikasi).  Gitar listrik dilengkapi dengan Elektromagnetik pickup yang berfungsi untuk mengubah getaran senar baja menjadi sinyal yang selanjutnya sinyal diumpankan melalui kabel atau pemancar  ke sebuah penguat suara .

Pickup terdiri dari dua jenis yaitu pickup  dengan single kumparan coil  dan pickup dengan double kumparan coil ('humbucker'). Pick up dapat bersifat sebagai pickup pasif atau pickup aktif. Gitar listrik digunakan secara luas dalam jazz, blues, dan rock and roll.  Elektromagnetik sebagai pickup untuk gitar pertama ditemukan oleh George Beauchamp, selanjutnya dikembangkan oleh Rickenbacker pada tahun 1931.  Setelah Perang Dunia II, terjadi perubahan pada gitar elektrik yaitu dengan tubuh gitar  padat dan solid.  

Pengembangan gitar  mulai dipelopori dan dipopulerkan secara mandiri oleh Gibson Les Paul, dan  Leo Fender.   Sejak itu, terjadi perubahan  pada fretbord yaitu dengan pengaturan ketinggian senar dari fingger fretboard, serta perubahan bentuk stang (neck) guitar lebih ramping yang jarang digunakan pada gitar akustik.  Perubahan dan penerapan tehnologi instrument guitar semakin luas yaitu dengan penggunaan Legato melalui menu pull off ,hammer-ons yang dikenal sebagai slurs, pinch harmonic, dan penggunaan lengan atau efek tremolo pedal. Selain pengembangan pengubahan suara oleh perangkat elektronik (effek atau distorsi).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengantar Tutorial